Senin, 31 Mei 2010

Semua Tiada Arti Tanpa Ikhlas..


Kalau kita bicara mengenai jasa dan kebaikan mungkin yang terlintas adalah membantu/menolong orang lain atau membuat orang lain bahagia. Semakin kita sering menganggap diri penuh jasa dan penuh kebaikan pada orang lain, apalagi menginginkan orang lain tahu akan jasa dan kebaikan diri kita, lalu berharap agar orang lain menghargai, memuji, dan membalasnya maka semua ini berarti kita sedang membangun penjara untuk diri sendiri dan sedang mempersiapkan diri mengarungi samudera kekecewaan dan sakit hati.

Karena sebenarnya orang yang kita bantu dan kita ungkit-ungkit bentuk bantuan qta kepadanya, kita tidak membuatnya merasa nyaman tapi malah memberikan beban pada mereka. JIka bantuan itu dilandasi dengan rasa ikhlas harusnya kita tak mengharap mereka membalas kebaikan kita karena perbuatan kita sudah dicatat sebagai amal kebaikan, kita akan menerima sendiri balasannya dan mungkin balasan itu bukan dari orang yang kita bantu tapi dari tangan orang lain.

Perlu lebih berhati-hati menjaga lintasan hati dan lebih menahan diri andaikata ada orang yang biasa kita bantu dan menjadi sukses, jadi orang besar. Tak perlu kita mengumumkan kepada siapapun tentang jasa-jasa kita plus kadang dengan bumbu penyedap cerita yang kalau tidak pada tempatnya akan menggelincirkan diri dalam riya dan dosa.

Mari kita bersungguh-sungguh untuk terus berbuat amal kebajikan sebanyak mungkin dan sesegera mungkin. Setelah itu mari kita lupakan seakan kita tidak pernah melakukannya, cukuplah Allah yang Maha Melihat saja yang mengetahuinya. Allah SWT pasti menyaksikannya dengan sempurna dan membalasnya dengan balasan yang sangat tepat baik waktu, bentuk, ataupun momentumnya. Salah satu ciri orang yang ikhlas menurut Imam Ali adalah senang menyembunyikan amalannya bagai menyembunyikan aib-aibnya.

Selamat berbahagia bagi siapapun yang paling gemar beramal dan paling cepat melupakan jasa dan kebaikan dirinya, percayalah hidup ini akan jauh lebih nikmat, lebih ringan, dan lebih indah. Insya Allah.

22 komentar:

  1. hidup ini akan jauh lebih nikmat, lebih ringan, dan lebih indah melalui amal ibadah yg dilakukan dengan ikhlas

    BalasHapus
  2. mbak shanty baik deh
    dah mau share
    makasih mbak

    BalasHapus
  3. Rasa Ikhlas itu musti sungguh-sungguh dari hati, terkadang dekat dimulut jauh dihati, ketika kita yakin akan apa sebenarnya yang kita cari dalam perjalanan hidup ini maka dia akan selalu menemani dalam hiasan hati dan bibir kita, postingan yang menarik, sukses mbak

    BalasHapus
  4. Betul sekali mbak,
    tanpa ikhlas semua gak ada nilainya

    BalasHapus
  5. dgn keikhlasan membantu insyaallah kita takkan kecewa ketika orang yg kita bantu tdk melakukan apapun utk balas jasanya pada kita.
    karena yg kita harapkan hanya ridhaNYA dr segala hal yg kita kerjakan.
    Semoga Allah swt menjadikan kita orang2 yg ikhlas.
    salam

    BalasHapus
  6. Sedekah tidak harus dengan materi, mulai belajar bersedekan
    nice info sobat..

    BalasHapus
  7. Ketika sudah ikhlas..
    apa pun yang kta lakukan terasa ringan :)

    Alangkah indahnya dunia ini bila setiap dr kita saling beramal..

    makasih mbak shanty

    BalasHapus
  8. Ikhlas dan ketulusan memang seyogianya selalu menyertai umat manusia di bumi ini.:)

    BalasHapus
  9. ikhlas, salah satu pondasi dalam beramal..

    BalasHapus
  10. memang Lebih baik membantu dari pada dibantu, tetapi hendaknya di imbangi dengan keikhaLasan, baik dari yang teLah memberi bantuan maupun dari orang yang teLah menerima bantuan.
    -------------
    terima kasih atas tuLisannya, sangat bermanfaat untuk mengingatkan kita sebagai manusia yang seLaLu membutuhkan bantuan orang Lain, karena kita adaLah manusia yang seLaLu mempunyai sisi kekurangan dan kesempurnaan hanyaLah miLik Allah semata.

    BalasHapus
  11. budaya ikhlas harus diterapkan setiap saat agar hidup kita mendapat barokah...

    BalasHapus
  12. Ikhlas itu masalah yang mudah diucapkan, tapi sulit dijalankan...:)

    Semoga kita termasuk orang-orang yang ikhlas...amin.

    BalasHapus
  13. Ikh1as merupakan salah satu amalan hati,sebab amal tak bisa diterima sempurna kecuali dengan keikhlasan.....makasih sobat udh share....

    Tetap ikhlas dalam hidup ini ......

    BalasHapus
  14. memang bnyak manfaat keiklasan ,...
    jd g da slh nya kan,...

    BalasHapus
  15. Wah bener bangetsss sob, dengan iklas hidup serasa lebih enjoy gtu lho hehehe

    BalasHapus
  16. segalanya nikmat dengan keikhlasan..amiin :)

    BalasHapus
  17. wah, masa punyamu ga ada?
    Shanty kan namamu? aku udah link langsung.
    coba di cek lagi ya ^^
    udah masuk kok nama Shanty

    BalasHapus
  18. beramallah sebanyak-banyaknya dengan ikhlas

    BalasHapus
  19. Amin .. Insya Allah...
    suatu kata yg mudah diucapkan tapi belom tentu mudah dijalankan...smoga kita termasuk yg dimudahkan..

    BalasHapus
  20. emang betul sangdt hehhhehe

    semoga kita semua orang2 yg ditunjukkan jalannya amin

    BalasHapus
  21. memberi sesuatu pada orang lain dengan mengharap balasan amal kita dari Alloh, apakah itu sudah dapat dikatakan ikhlas? Bukankah ikhlas itu tanpa pamrih?jadi yang betul2 ikhlas itu yg bagaimana yah?

    BalasHapus

Tukeran link yukk!!!

Logo aq disini...
Host Gambar Gratis