Sabtu, 12 Juni 2010

Khasiat Kunyit

Pas pulang dari Net aq beli jamu kunyit untuk bunda karena beliau punya penyakit asma, setelah Sholat magrib aq kerumah bundaq tersayang, sejak tinggal ama suami aq kerumah bunda hanya hari sabtu, pas aq sampai dirumah orangtuaq ternyata bunda lagi bikin jamu. Dari dulu bunda emang tidak mau diem, ada aja yang dikerjain, sepulang dari workshop beliau beli kunyit dan buat jamu sendiri.


Duh sia-sia deh aq beli jamu tadi. Dari dulu bunda memang suka buat jamu kunyit, makanya aq beliin coz kalau bikin sendiri agak ribet jadinya tapi bunda malah bilang “Aq ndak suka jamu beli takut bukan obat asli”


Shanty : ya… siapa donk yang minum jamunya?? Aq pikir bunda bakalan seneng!!!

Bunda : Kamu datang aja aku sudah seneng!! Sambil merangkulq

Qta menghabiskan waktu sambil bercanda ria. Dan mulai deh bunda menasehatiq soal kesehatan, pola makan n khasiat kunyit termasuk perbedaan jamu kunyit bikin sendiri dan beli. Duh bahagianya hatiq, semoga bunda selalu diberi kesehatan oleh Allah SWT.

Jadi teringat khasiat kunyit :

• Kunyit identik dengan kecantikan kulit

Sejak dulu, puteri-puteri keraton Jawa udah menjadikan kunyit sebagai bahan dasar perawatan tradisional untuk menjaga kulit tetap halus, cerah dan segar. Kunyit juga disebut mampu mengobati penyakit kulit seperti koreng dan gatal-gatal.

Cara penggunaan:

Buatlah minuman kunyit asam dengan mencampurkan rebusan air asam dan air parutan kunyit. Sedangkan buat mengobati masalah kulit, tumbuk kunyit dan campurkan dengan minyak kelapa, lalu dioleskan pada daerah yang bermasalah.

• Kunyit menyembuhkan sakit maag

Kunyit sangat efektif dalam dalam memperbaiki luka lambung karena kandungan yang terdapat pada kunyit ternyata bisa menurunkan asam lambung.

Cara penggunaan:

Kupas dan bersihkan kunyit sebesar 2 ruas buku tangan, lalu parut dan tambahkan air matang. Peras air kunyit, diamkan dan ambil air beningnya. Minumlah 2 kali sehari, sebelum makan pagi dan malam sebelum tidur.

• Kunyit sebagai anti radang

Di negeri asal film Slumdog Millionaire alias India, kunyit biasa dipakai buat mengatasi sakit sendi dan asma. Curcumin, senyawa kimia pada kunyit, bisa menghilangkan nyeri dan menyembuhkan peradangan.

Cara penggunaan:

20 gram kunyit dikupas dan diparut. Tambahkan dua sendok makan air panas, aduk hingga rata lalu saring airnya. Tambahkan madu dan minum secara teratur.


• Kunyit memberi perlindungan pada tubuh

Sifat anti oksidan kunyit, melindungi pencernaan kita dari toksin (bahan beracun) dan asam lemak berbahaya yang terdapat pada makanan-makanan. Selain itu, juga berguna buat meningkatkan sistem pertahanan tubuh biar terhindar penyakit.

Cara penggunaan:

Caranya ngga mesti ekstrem dengan mengunyah langsung kunyit kayak kelinci makan wortel, hihihi. Cukup dengan cara sederhana dengan mengonsumsi makanan-makanan yang banyak mengandung kunyit seperti kari.

• Kunyit mengatasi masalah haid

Jika dikonsumsi, kunyit berkhasiat menjaga keseimbangan stamina, termasuk pas lagi datang bulan. Kunyit ampuh untuk melancarkan menstruasi, mengatasi rasa nyeri haid, keputihan dan bau badan.

Cara penggunaan:

Kunyit bisa dicampur bahan herbal lain dan ngga berefek samping meski dikonsumsi setiap hari.

Penting!!!

Satu lagi hati-hati kalau beli jamu-jamu sekarang mesti selektif, ada yang bilang pake’ gula obat, terus asam sitrun dan macem-macemlah. Jadi malah kurang bagus untuk kesehatan. Kalau ingin aman buat sendiri saja khan tau bahan2nya jadi lebih aman!!!!

Ane juga ambil artikel dari sini juga dri sana

40 komentar:

  1. Emak dulu sering membuatkan jamu kunyit untuk saya agar doyan makan. Lha sekarang kok jarang ibu2 yang kayak gitu. Mereka lebih suka membelikan vitamin ini dan itu untuk anakknya. Mungkin mereka nggak repot ya nduk.

    Mampir ke BlogCamp ya.
    Saat ini BlogCamp sedang menggelar acara ” Ungkapkan Opini Anda” dan ”The Amazing Picture ” dalam rangka menyambut 1st BlogCamp’s Anniversary.
    Silahkan bergabung di BlogCamp dan raihlah hadiah yang menarik.

    Jok lali nduk


    Salam hangat dari Pakde di Surabaya

    BalasHapus
  2. Assalamu 'alaikum wr.wb.
    Kak ini kunjungan balasan.
    Kata ibu saya juga sering dibuatkan jamu untuk menambah nafsu makan waktu saya masih kecil. Sekarang makanku sudah banyak kak.
    Terima kasih ya kak atas tip dan informasinya.
    Salam manis dari Batam

    BalasHapus
  3. ternyata banyak yaaa... kasiatnya kunyit

    BalasHapus
  4. kunyit juga bisa nyembuhin luka..:)

    BalasHapus
  5. Setau saya, kunyit juga bisa menghilangkan bau badan...
    Lumayan untuk penghematan biaya minyak wangi...
    Hehehe....

    BalasHapus
  6. artikel bagus ni...kebetulan istriku lagi punya penyakit asma...salam

    BalasHapus
  7. saya biasa minum jamu kunyit asam, kalo bikin sendiri memang ribet apalagi warna kuning kunyit itu lengket di tangan

    BalasHapus
  8. Ada kunyit putih yang khasiatnya sungguh dahsyat. Menanamnya juga gampang.

    SAlam kesehatan

    BalasHapus
  9. jalan2 malam sambil cari informasi2 baru...

    BalasHapus
  10. Ternyata kunyit sgt bnyak khasiat na ya...menambah kn sedikit tentang manfaat kunyit..kunyit jga dpat mengencer kan dahak yg sgt susah keluar na jika batuk...thnxs artikel na sgt bermanfaat

    BalasHapus
  11. yap.. belakangan Jamu-jamu tidak lagi menggunakan kunyit, tapi entah apa yang diguankana.. Rasa nya sedikit berbeda se.. Hal yang ditakutkan adalah efek samping ny =(

    BalasHapus
  12. Obat tradisional kadang khasiatnya lebih mantap dan enggak ada efek sampingnya.

    BalasHapus
  13. sekarang seru nih, banyak tips kesehatannya. jadi pingin mereview, boLeh nda?.
    terima kasih atas informasinya, dengan obat-obatan tradisionaL memungkinkan untuk meminimaLisir terhadap efek samping.

    BalasHapus
  14. Wah kebetulan banget saya punya TOGA mbak, jadi tinggal ambil sendiri heee

    BalasHapus
  15. melihat dari momen hubungan ibu dan anak, haru tuh rasanya bisa berbakti, ^_^

    BalasHapus
  16. Buat anak-anak baik juga gak ya?

    BalasHapus
  17. Wuih, lengkap dah khasiat dari kunyitnya...

    BalasHapus
  18. @Om_rame : Boleh om, silahkan direview...

    BalasHapus
  19. shanty mmpir lg nie ^^
    ia nie shan byk tgs n mw ujian lg ^_^?
    tp dsmptin mmpir ^_^
    kl aq pake kunyit lebh ke bwt haid,coz jd ngurangin bgt y shan ^_^

    BalasHapus
  20. ingat dulu, ibuku juga sering buat jamu sendiri dr kunyit , kalau sekarang sudah banyak vitamin yg mengandung curcuma ini, jadi malah lebih praktis ya Shanty .
    (padahal sih krn males juga bikinnya :) )
    salam

    BalasHapus
  21. met pagi,,
    salam kenal dari umy,,,

    keep posting n happy blogging,,

    mksh y infonya

    BalasHapus
  22. Indonesia dikenal sangat kaya dengan tanaman obat. Saat ini tampaknya jamu herbal mendapatkan respon yang positif dari masyarakat. Konsumsi obat-obatan kimia hendaknya lebih selektif dan hati-hati. Tradisi buat jami sendiri dari bahan tumbuhan alami yang ada di pekarangan atau membeli dari pasar tampaknya sudah mulai luntur di perkotaan. Kami biasanya membeli 'jamu tradisional' ini dari mbakyu bakul jamu gendong. Kami masukkan ke dalam kulkas kemudian baru kami konsumsi. Rasanya enak dan segar sekali.
    Trims sharingnya sobat. Salam sukses.

    BalasHapus
  23. kunyit banyak manfaatnya..cuma sayang orang2 sekarang banyak yang udah ga familiar sama khasiatnya, nice posting shanty.. :)

    BalasHapus
  24. Baru tahu nih kalau kunyit bisa buat sakit maag. Aku tahunya kunyit itu utk buat nasi kuning sih hehehe

    BalasHapus
  25. Kembali pd obat2 tradisional emang lebih baik ya.
    Thanks udah sharing..

    BalasHapus
  26. Ternyata banyak banget yah khasiat kunyit.. :D

    mkasih infonya..

    BalasHapus
  27. kunyit memang banyak kegunaannya ya..

    BalasHapus
  28. obat-obat/jamu dari orang tua jauh lebih berkhasiat daripada obat dokter

    BalasHapus
  29. banyak juga khasiat kunyit...baru tw ne ...
    makasih ya sobat atas infonya ...

    BalasHapus
  30. yang penting Sueger... jika diminum siang hari, dan khasiat adalah bonus yang diberikan Allah kepada sang kunyit. :) salam kenal :)

    BalasHapus
  31. terima kasih atas ijinnya mbak.
    kunjungan tengah maLam, seLamat istirahat.

    BalasHapus
  32. Nice Article, inspiring. Aku juga suka nulis artikel bidang bisnis di blogku : http://www.indonetwork.co.id/ptmsinet, silahkan kunjungi, mudah-mudahan manfaat

    BalasHapus

Tukeran link yukk!!!

Logo aq disini...
Host Gambar Gratis