Minggu, 21 September 2008

Metadata

Metadata ( meta data, atau metainformation) " data tentang data", tentang segala jenis dalam media apapun. Suatu item dari metadata boleh menguraikan perorangan angka kenyataan, atau item isi, atau suatu koleksi dari data yang mencakup berbagai materi isi dan tingkatan hirarkis, sebagai contoh suatu bagan database.


Maksud Metadata

Metadata menyediakan konteks untuk data.
Metadata digunakan untuk memudahkan pemahaman , karakteristik, dan pemakaian manajemen dari data. Metadata yang diperlukan untuk manajemen data efektif bervariasi dengan jenis data dan konteks.
Misalkan pada sebuah buku, data adalah isi dari buku, metadata tentang suatu buku akan secara khas meliputi suatu uraian tentang isi, pengarang, penerbitan dan penempatan phisik.
Jadi Metadata berisikan data yang menyimpan proses perpindahan data meliputi database structure,contents,detail data dan summary data, matrics,versioning, aging criteria,versioning, transformation criteria. Metadata khusus dan memegang peranan yang sangat penting dalam data warehouse


Definitions
Meta dalam bahasa Yunani memiliki kata depan (μετ’ αλλων εταιρων) dan awalan (μεταβασις) Yang berarti “menyampaikan dalam pikiran sehat”.
Meta dalam Bahasa Inggris, tergantung kasus dari kata benda yang dihubungkan: antar; bersama dengan; dengan; atas pertolongan; terdapat makna dalam suatu filsafah
Dan pada umumnya metadata adalah " data tentang data".
Menurut kebanyakan orang, hubungan antara data dan informasi:
• Metadata adalah informasi tentang data.
• Metadata adalah informasi tentang informasi.
• Metadata berisi informasi tentang data itu atau data lain.
Ada definisi yang lebih canggih, seperti:
• Metadata adalah data disandikan tersusun yang menguraikan karakteristik dari kesatuan informasi untuk membantu di identifikasi, penemuan, penilaian, dan manajemen kesatuan yang diuraikan .
• Metadata adalah uraian tersusun secara untuk menempatkan object .






Karakteristik Metadata
Metadata dapat digolongkan menjadi:

Content, Metadata dapat menguraikan isi dari data itu sendiri ( sebagai contoh, nama dan ukuran dari suatu file) atau isi dari sumber daya ( sebagai contoh, " Video yang menunjukkan seorang anak laki-laki yang bermain sepak bola").
Mutability, Berkenaan dengan keseluruhan sumber daya, metadata dapat bersifat kekal ( sebagai contoh, " sebutan/judul" dari suatu video tidak berubah sendiri ketika video dimainkan).
Logical Function, Ada tiga lapisan dari fungsi logis: pada dasarnya lapisan yang subsymbolic yang berisi data mentah dirinya sendiri, kemudian lapisan yang simbolis dengan metadata yang gambarkan data mentah , dan di bagian atas lapisan yang logis yang berisi metadata yang mengijinkan pemikiran logis yang menggunakan lapisan yang simbolis.


Metadata perpustakaan digital

Ada tiga kategori dari metadata yang sering digunakan untuk menguraikan objek digital:

1. Deskriptif, Informasi yang gambarkan isi yang intelektual dari objek, seperti MARC yang cataloguing arsip, menemukan bantuan atau rencana yang yang serupa. secara khas digunakan untuk tujuan perpustakaan dan untuk pencarian dan perolehan kembali.
2. Struktural, Informasi dari masing-masing obyek untuk menyusun unit logis ( sebagai contoh: informasi yang menghubungkan gambaran individu tentang halaman dari suatu buku ke yang lainnya).
3. Administratif, Informasi yang digunakan untuk mengatur obyek atau akses kendali. Meliputi informasi secara terperinci dan teliti, format penyimpanan-nya, hak cipta, informasi perijinan, dan informasi yang penting bagi pemeliharaan dalam jangka panjang dari object digital.

Isi Metadata :
• Struktur data
Sebuah direktori yang membantu user untuk melakukan analisis Decission Support System dalam pencarian letak/lokasi dalam data warehouse.
• Algoritma
Algoritma digunakan untuk summary data. Metadata sendiri merupakan panduan untuk algoritma dalam melakukan pemrosesan summary data antara current detail data dengan lightly summarized data dan antara lightly summarized data dengan hightly summaried data.
• Mapping
Sebagai panduan pemetaan(mapping) data pada saat data di transform/diubah dari lingkup operasional menjadi lingkup data warehouse.


Jenis Metadata
• metadata sistem sumber
1. spesifikasi sumber, seperti tempat penyimpanan, dan bagan sumber yang logis
2. informasi sumber yang deskriptif, seperti uraian kepemilikan, membaharui frekwensi, pembatasan pemakaian, dan metode akses
3. memproses informasi, seperti jadwal pekerjaan dan kode pengambilan/penyaringan

• metadata pementasan data
a. informasi didapatnya data, seperti penjadwalan transmisi data dan hasil, pemakaian file
b. manajemen dimensi, seperti definisi dari dimensi
c. perubahan bentuk dan pengumpulan, seperti peningkatan data dan pemetaan, DBMS memuat catatan, dan definisi kumpulan
d. audit, metode pekerjaan dan dokumentasi, seperti arsip garis keturunan data, data mengubah bentuk metode



3 komentar:

  1. sory, mau tanya donk mbak???? gmana cara buat metadata spasial??? tolong bantu ya mbak????
    THANKS

    BalasHapus
  2. Mas-nya mau buat metadata spasial tentang apa?
    Untuk penyusunan metadata spasial secara umum :
    1. Tentukan informasi identifikasi data
    2. Informasi kualitas data
    3. Informasi pengorganisasian suatu data
    4. Informasi acuan spasial
    5. Informasi Entitas dan atribut

    ITu informasi dari saya, semoga bisa membantu mas huhdzir..

    BalasHapus
  3. saya ingin membuat sebuah katalog metadata spasial di kota semarang.. dengan menggunakan beberapa standar metadata spasial seperti FGDC,ISO, dan Dublin Core... kira2 ada tdk referensi buku atau link web tentang pengembangan metadata spasial..?

    BalasHapus

Tukeran link yukk!!!

Logo aq disini...
Host Gambar Gratis